-->

"Apa itu Cryptocurrency?"Penjelasan Lengkap Tentang Cryptocurrency

advertise here
Di postingan ane kali ini ane akan jelasin satu per satu tentang Cryptocurrency. Apa sih itu cryptocurrency? Nah,secara harfiah cryptocurrency terdiri dari dua kata yaitu, crypto dan currency. crypto secara bahasa artinya adalah rahasia dan currency artinya adalah mata uang atau alat tukar yang berlaku dimasyarakat atau duit bahasa kerenya. Seiring berjalannya waktu, mulai dari dahulu kala hingga sekarang kita dapat menemukan banyak sekali macam-macam uang, mulai dari sistem barter, terus masyarakat menggunakan benda-benda yang dianggap berharga/bernilai untuk dapat dipertukarkan, hingga lahir uang kertas/kartal, uang logam, uang giral, dan sekarang karna zamannya adalah zaman teknologi dan dunia virtual, muncul yang namannya uang virtual/ uang digital atau istilah kerennya Cryptocurrency.



Eeiits,, melebar kemana-kemana dah tuh pembahasan ane, hehe. Kita balik lagi deh yaa,, 
Jadi kalau kita artikan secara harfiah/bahasa maka cryptocurrency adalah mata uang rahasia, kok rahasia? rahasia bijimane? nah, maksudnya rahasia disini adalah sistem dari transaksi menggunakan cryptocurrency/uang virtual ini adalah bersifat rahasia dan aman dari pihak ketiga. Sehingga sangat tidak dimungkinkan transaksi ini diganggu oleh pihak ketiga seperti hakker, pencuri, dan pemalsuan mata uang. Yaps, uang digital tidak dapat dipalsukan. Uang digital ini dibuat menggunakan keahlian atau cara-cara untuk mengamankan komunikasi terhadap pihak ketiga atau keahlian ini biasa disebut dengan istilah Kriptografi. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang Kriptografi, monggo deh masbro and mbkBroo liat di Wikipedia. 

Selain itu cryptocurrency juga bisa diartikan sebagai mata uang digital/asset digital yang dapat digunakan sebagai mata uang alternatif dan bisa digunakan untuk memenuhi keperluan finansial masyarakat.

Tingkat Keamanan, Sifat dan Sistem Transaksi Cryptocurrency

Tingkat keamanan bertransaksi menggunakan cryptocurrency sangat ditunjang oleh sistem bertransaksinya yang sangat aman pula, yaitu dengan sistem peer to peer (P2P). Haaaa, apaan tuh peer to peer??, secara simpelnya peer to peer adalah sistem transaksi yang kedua belah pihak lansung dipertemukan atau head to head, kepala ke kepala lansung. Untuk masbroo and mbkBroo yang ingin tau lebih tentang sistem peer to peer cek lagi dah Wikipedia. Sistem transaksi peer to peer ini difasilitasi oleh teknologi pencatatan terintegrasi dan modern yang memiliki kode-kode unik kekal yang tidak bisa dirubah dan tersusun secara sistematis di rantai block, teknologi ini biasa disebut dengan istilah BlockChain.


Nilai tukar mata uang digital/cryptocurrency ini bebas dari pengaruh apapun(terdesentralisasi), baik itu pemerintah, perusahaan, bahkan sipembuat pun tidak bisa mempengaruhi harga pasar mata uang ini. Pergerakan nilai tukar mata uang digital ini murni dipengaruhi kekuatan jual dan kekuatan beli dipasaran atau kekuatan penawaran dan permintaan dipasaran. Implikasinya apa?? implikasi dari sifat ini adalah nilai tukar mata uang digital ini sangat fluktuatif, dan tidak jarang nilai tukarnya naik atau turun hingga angka 20% bahkan bisa lebih dari itu dalam waktu 24 jam. Wahh, peluang nih, buat mendapatkan keuntungan, hehehe, yups. Bagi yang bisa memanfaatkan momen fluktuatif itu maka sifat mata uang ini memang memliki prospek yang bagus dan profitable. Cryptocurrency saat sekarang bisa ditradingkan atau diperdagangkan. Bagi masBroo and mbkBroo yang memiliki jiwa tangguh dan mental-mental baja dalam dunia trading, maka cryptocurrency patut kalian coba. Postingan ane selanjutnya ane akan bahas masalah Trading Cryptocurency.


Jenis-jenis Cryptocurrency

Sama halnya denga mata uang konvensional, mata uang digital juga sangat banyak jenisnya. Jika dimata uang konvensional kita mengenal Rupiah, Dolar, Euro, Yuan, Ringgit, dan lain sebagainya, maka di mata uang digital kita akan mengenal yang namanya Bitcoin, Litecoin, Dashcoin, Dogecoin, Ethereum, dan banyak lagi yang lainnya. Jenis mata uang digital yang ada saat ini adalah sekitar 500 jenis cryptocurrency, dan yang paling poluler dari semua jenis mata uang digital itu adalah Bitcoin. Ane sering menyebutkan kalau Bitcoin adalah raja dari semua Cryptocurrency yang ada dan coin yang lain biasanya digolongkan kedalam istilah altcoin. Kok gitu ? ya emang gitu,wkwkwk. Pertanyaan itu akan ane jawab di posting selanjutnya ya, sekarang kita harus fokus dulu untuk membahas tentang Cryptocurrency, jadi rasa penasaran masBroo and mbkBroo di pendam dulu ya.


Sejarah Singkat Cryptocurrency

Cryptocurrency yang pertama kali lahir adalah Bitcoin yang diciptakan oleh seorang pengembang yang "diyakini" bernama Satoshi Nakamoto asal jepang. Kenapa ane menggunakan kata "diyakini"? yups, karna sampai sekarang orang yang bernama Satoshi Nakamoto ini tidak pernah terexpose ke publik dan tidak ada seorang pun yang tau melainkan tuhan, malaikat-malaikatnya siapa sebenarnya si Satoshi Nakamoto, entah seperti apa wajahnya, dimana rimbanya, jangan-jangan hidungnya keatas and kalo hujan bisa nampung air hujan, wkwkwk, kidding.

Bitcoin lahir tahun 2009 menggunakan SHA-256 yang merupakan salah satu fungsi hash Kriptografi yang dirancang oleh Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat. Dan pada bulan April 2011 lahir lah adik si Bitcoin yaitu Alternatif Coin(altcoin) yang bernanya Namecoin menggunakan DNS desenstralisasi sebagai sensor internet yang lebih rumit, setelah itu pada bulan Oktober 2012 Litecoin dirilis dan menjadi cryptocurrency pertama yang menggunakan scrypt sebagai fungsi hash Kriptografi pengganti SHA-256.

Apa sih keunggulan atau keuntungan bertransaksi menggukan Cryptocurrency?

Banyak sekali keuntungan dan keunggulan yang kita dapatkan dalam bertransaksi menggunakan cryptocurrency, yaitu :
  1. Sifatnya yang Peer To Peer (P2P) membuat transaksi kita lebih aman dan cepat.
  2. Biaya bertransaksi relatif menjadi lebih murah jika dibandingkan bertransaksi menggunakan jasa Perbankan.
  3. Transaksi yang bersifat Internasional (Antar Negara) akan menjadi lebih cepat dan mudah bahkan sangat hemat biaya transaksi, karena jika kita menggunakan cryptocurrency kita tidak lagi memkirkan perbedaan dan batasan yang disebabkan oleh batas antar negara atau perbedaan alat tukar, perbedaan instansi dan regulasi di tiap-tiap negara. Cryptocurrency menurut ane bisa dikatakan sebagai mata uang dunia, nah selama ini kita belum pernah mendengar yang namanya mata uang dunia kan, maka dari itu menurut ane ini merupakan salah satu solusi untuk melahirkan mata uang dunia. Jadi bisa digunakan oleh siapapun dan dimana pun, selagi mereka mengenal, memahami dan menerima keberadaan cryptocurrency. Jadi kita tidak lagi memikirkan conversi suatu mata uang negara ke mata uang negara lainnya.
  4. Bertransaksi menjadi lebih simple alias tidak bikin ribet uii. hehehe, karena bertransaksi kita hanya menggunakan teknologi yang mendukung (yaitu menggunakan fitur wallet alias dompet dari masing cryptocurrency yang bisa diinstal di perangkat komputer(laptop/PC), maupun smartphone (Android, Windows, Iphone, maupun yang lainnya). Kita akan bebas dari drama jenjang birokrasi, apa lagi di negri ini yang penuh dengan drama birokrasi yang menjenuhkan dan membuat kita lelah, hehe.
  5. Bagi masBroo and mbkBroo yang ingin berbisnis sektor ini. Cryptocurrency memiliki prospek yang insyaAllah cerah, karena saat ini Cryptocurrency masih masa-masa berkembang.
  6. Jika kita lihat dari sudut pandang cost pemeliharaan mata uang, maka cryptocurrency sangat low budged dalam hal pemeliharaan, dan cryptocurrency dalam hal fisik juga takkan lekang oleh panas takkan lapuk oleh hujan apa lagi dimakan oleh rayap, alias akan tahan dalam waktu yang lama.
Nah,,itu lah segala pengetahuan yang ane miliki tentang cryptocurrency dan ane curahin segalanya di postingan Howbee kali ini, semoga bermanfaat ya masBroo and mbkBroo.

1 Comments:

avatar

Selalu di tangan Anda untuk mengelola dana yang Anda miliki.

Unichange.me memberi Anda kesempatan untuk menjalankan #pertukaran Anda secara online dan mendapatkan opsi #pembayaran yang diperlukan di mana pun Anda berada.

Bepergian, bergerak, kembangkan bersama dengan Unichange.me!

Click to comment