-->

Atur uangmu, sebelum uang mengaturmu

advertise here
Hello....masbroo and mbkBroo....!!!
Kali ini howbee akan membahas masalah yang sangat penting dalam kehidupan manusia, yaitu membahas masalah uang alias hepeng dalam bahasa bataknya.

Uang memang bukanlah segala-galanya, tapi segala-galanya harus ada uang...!!!

Hal yang sangat vital dan sensitif dalam kelansungan hidup manusia saat ini salah satunya adalah uang. Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari yang namanya uang. Secara simpel setiap kebutuhan pada dasarnya relatif dapat terpenuhi dengan menukarkan uang dengan kebutuhan itu sendiri. Segala hal yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dapat dipastikan akan berurusan dengan uang. Kenapa kita tidak bisa terlepas dari yang namanya uang?? yaa sesuai dengan adagium diatas “uang bukanlah segala-galanya, tapi segala-galanya harus ada uang” dan kita juga bukan generasi yang hidup dizaman trendnya istilah “barter”, yang konon katanya trend pada masa itu adalah kegiatan tukar-menukar barang demi memenuhi kebutuhan masing-masing. 


Uang bagi manusia saat ini memang telah menjadi hal yang sangat penting, maka dari itu segala sesuatu tentang uang harus di kelola dengan baik.

Yuk atur uangmu, sebelum uang yang mengaturmu...!!
Masalah keuangan terjadi bukan saja karena kurang atau kecilnya pendapatan seseorang, tetapi lebih kepada masalah kemampuan seseorang dalam mengelola dan mengatur keuangannya. Mengatur dan mengelola agar uang yang kita punya dapat memenuhi segala kebutuhan kita yang begitu banyak bahkan tidak ada habisnya. Mengatur dan mengelola keseimbangan antara uang masuk dengan uang yang keluar. Walaupun jika dilihat secara umum sebenarnya kegiatan mengelola uang tersebut simpel, hanya sebatas mengatur keseimbangan uang masuk dengan uang keluar saja, tapi dalam prakteknya tidak sesimpel yang kita bayangkan. Sangat sulit bagi seseorang untuk melakukan pengelolan keuangan.

Sifat dasar manusia yang menjadi faktor pendukung sulitnya mengatur keuangan adalah sifat bahwa manusia tak pernah bisa merasa puas seutuhnya. Walau pun berbagai kebutuhan sebenarnya telah terpenuhi, tapi pasti ada-ada saja yang membuat seorang manusia merasa tidak puas. Hasrat yang besar untuk memiliki suatu barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan atau sama sekali memang tidak dibutuhkan olehnya. Faktor gaya hidup juga menjadi salah satu faktor pendukung sulitnya mengatur keuangan. Apa lagi bagi kaum muda yang rentan terpengaruh lingkungan sekitar, trend-trend terbaru yang biasanya membuat kaum muda terlena, kebiasaan-kebiasaan yang bersifat konsumtif dan lain sebaginya yang membuat para kaum muda sulit untuk menutup mata.

Berbicara masalah uang otomatis kita juga akan berbicara masalah masa depan seseorang, keadaan keuangan dimasa lalu kemungkinan besar akan mempengaruhi keadaan keuangan dimasa sekarang. Begitu sterusnya, keadaan keuangan dimasa sekarang akan mempengaruhi keuangan dimasa yang akan datang. Nah,, maka dari itu selagi kita masih muda, penuh semangat dan produktif, kelola dan aturlah keuangan dengan baik dan matang. Karena roda kehidupan ini selalu berputar seiring berjalannya waktu, kita harus sadari bahwa kita tidak akan selamanya berada dimasa produktif. Jangan sampai dimasa tua nanti yang seharusnya kita bertamasya,, eehh ternyata malah sengsara. Kan gak asik.
Untuk itu, howbee mencoba meramu beberapa tips mengatur uang sebelum uang yang akan mengatur kita. Yuk cekitdot..!!!

1. PELAJARI DAN PAHAMI KEADAAN KEUANGAN KITA

by pixca.net


Disaat akan mengatur sesuatu, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mempelajari dan memahami dulu mengenai sesuatu tersebut. Jika kita tidak paham dan mengerti mengenai hal tersebut maka akibatnya akan fatal. Misalkan saja kita akan mengatur atau menyeting parabola digital agar siaran TV yang dapat kita tonton menjadi lebih banyak, tetapi karena kita tidak begitu paham dan mengerti masalah parabola dan tetap ngotot untuk mengaturnya, maka jangankan siarannya menjadi lebih banyak, justru siaran yang telah ada sebelumnya menjadi hilang setelah penyetingan.
Begitu juga dengan keuangan, sebelum kita mengatur keuangan sebaiknya pelajari dan pahami dulu kondisi keuangan kita seperti apa. Apa yang menjadi permasalahan sesungguhnya. Dengan begitu kita bisa mencarikan solusi yang terbaik untuk permasalahan tersebut. Sehingga tujuan kita inginkan tercapai.

2. BUAT PERENCANAAN ANGGARAN / BUDGETING

Setelah paham dan mengerti dengan kondisi keuangan sendiri, maka langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan anggaran pribadi, atau bahasa kerenya budgeting. Mulailah dengan cara membuat daftar perioritas kebutuhan lalu sesuaikan dengan pendapatan. Dahulukan hal-hal yang menjadi kebutuhan mendasar seperti makanan dan minuman, transportasi, listrik, komunikasi, biaya sekolah dan lain sebagainya.
Perencanaan anggaran / budgeting ini merupakan cara yang efektif melawan perilaku boros dalam menggunakan uang.

by shutterstock.com


3. HINDARI BERHUTANG

by cogaya.com

Usahakan untuk tidak memiliki huntang, karena hutang merupakan musuh terbesar dalam hal mengatur keuangan. Disaat kita memiliki hutang, pengelolaan keuangan biasanya menjadi lebih berat. Hutang dapat membentuk lingakaran setan yang dapat menghancurkan dinding pertahanan keuangan kita.


4. MILIKI UANG CADANGAN, ALIAS MENABUNG

by cogaya.com

Menabung merupakan hal yang sangat penting, jangan remehkan kekuatan tabungan. Tabungan akan sangat berguna untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak. Tabungan juga merupakan sahabat baik yang menunjang kelancaran pengelolaan keuangan. Dengan adanya tabungan kita akan terhindar dari yang namanya hutang.

5. PILIH INVESTASI ASURANSI YANG TEPAT


by jendelawanita.net

Pertanyaannya yang muncul di benak kita saat ini adalah mengapa harus berinvestasi?? Seberapa penting sih investasi ??
Nah,,, selain menabung cara yang sangat efektif dan membantu kita dalam mengelola uang adalah berinvestasi asuransi. Investasi asuransi akan mencover segala kebutuhan kita dimasa depan. Di Indonesia sekarang telah banyak produk-produk investasi asuransi yang dapat kita andalkan untuk mengelola keuangan masa depan kita. Baik berupa investasi asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, properti, kredit, sampai asuransi perjalanan pun ada.
Seberapa penting sih investasi ??
ya penting dong broo,,, dengan berinvestasi asuransi maka secara otomatis uang untuk kebutuhan kita dimasa depan seperti biaya kesehatan, jiwa, pendidikan, properti, dll, telah dijamin pihak asuransi. berarti memperingan beban kita dalam pengelolaan keuangan.

by Howbee.blogspot.com

Berbicara mengenai investasi asuransi howbee punya referensi yang top alias ajib banget dah untuk membantu kita dalam mengelola keuangan dimasa depan. Howbee akan memperkenalkan sebuah lembaga investasi yang ajib banget yang negara kita Indonesia punya, yaitu; Sinarmas MSIG Life. Sinarmas MSIG Life merupakan salah satu perusahaan terbaik yang Indonesia miliki. Perusahaan ini telah melayani para nasabahnya selama 31 tahun lebih, tepatnya sejak tanggal 14 April 1985. Jadi kalau masalah pengalaman dalam melayani para nasabah, Sinarmas MSIG Life tidak perlu diragukan lagi.




Perkembangan Sinarmas MSIG Life juga sangat baik, banyak inovasi produk dan layanan keuangan yang ditawarkan kepada para nasabah. Jaringan bisnis perusahaan ini juga dapat dikatakan luas, kantor pemasaran yang tersebar sebanyak 113 kantor di 69 kota dan 10.500 tenaga marketing handal. Hingga 30 juni 2014 tercatat bahwa Sinarmas MSIG Life telah melayani lebih dari 790.000 nasabah individu dan kelompok.

Pengalaman dan kinerja Sinarmas MSIG Life diakui secara konkrit yang dibuktikan dengan prestasi-prestasi yang telah diukir Sinarmas MSIG Life dalam beberapa piagam berikut.


Tahun 2016

 







Tahun 2015


Tahun 2014




dan masih banyak lagi penghargaan yang telah diraih Sinarmas MSIG Life.

Produk asuransi yang ditawarkan Sinarmas MSIG Life sangat beragam dan banyak manfaat, yok kita cek satu persatu :

PRODUK INDIVIDU

ASURANSI DASAR TRADISIONAL




 ASURANSI SYARIAH



 PRODUK BANK SINARMAS


  




PRODUK KUMPULAN




  

Itulah beberapa dari produk menarik yang ditawarkan oleh Sinarmas MSIG Life
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk, prosedur / tata cara, sayarat dan ketentuan, silahkan konsultasikan langsung pada pihak Sinarmas MSIG Life dengan menghubungi alamat kantor di kota anda masing-masing atau liat di websitenya lansung Sinarmas MSIG Life.

oke,, lanjut ke tips berikutnya.
 #YukAturUangmu dan #SMiLeWithME


6. HINDARI KEBIASAAN BURUK
Ubah lah kebiasaan buruk dalam menggunakan uang, seperti kebiasaan konsumtif menggunakan uang. Membelanjakan uang untuk hal-hal yang bersifat tidak terlalu penting. Intinya adalah biasakan hidup hemat broo.. karena hemat pangkal kaya jika tak kaya, setidaknya tidak sengsara.

7. KOMITMEN
Setelah kita menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah keuangan kita, maka komitmen lah dengan solusi tersebut. Pegang teguh komitmen tersebut, karena jika tidak komitmen dengan beberapa solusi tersebut, maka solusi tersebut tidak akan membuahkan hasil seperti yang kita inginkan. Komitmen lah untuk menabung, berinvestasi, dan komitmen menghindari kebiasaan buruk dan pola hidup buruk yang merusak pengelolaan keuangan kita. Yuk atur uangmu, sebelum uang yang mengaturmu, jika uang yang telah mengaturmu maka kelar lah hidupmu.

Jadi inti dari pembicaraan yang panjang lebar ini apa sih ???
intinya begini, diusia kita yang masih muda, produktif dan memiliki semangat yang berapi-api dan punya kesempatan besar untuk mendapatkan penghasilan maka manfaatkan lah kesempatan tersebut, dan kelola lah keuangan dengan matang, agar kehidupan dimasa tua kita nantik tenang, bahagia, sejahtera, sentosa selamanya... hehe.. 
dan jangan lupa untuk berinvestasi dalam hal asuransi, pilih asuransi yang tepat, seperti Sinarmas MSIG Life. 

oke... mungkin itu saja yang howbee bahas pada kesempatan kali ini.... semoga bermanfaat.....

#YukAturUangmu dan #SMiLeWithME

*Artikel ini diikut sertakan dalam Blog Writing Competition 

https://www.sinarmasmsiglife.co.id/home
 

1 Comments:

avatar

mantap bro, smoga berhasil konpetisinya

Click to comment